Akhirnya, PTA Semarang Mempunyai Panitera dan Sekretaris

Akhirnya, PTA Semarang Mempunyai Panitera dan Sekretaris

Akhirnya, hari ini PTA Semarang dan peradilan agama se-Jawa Tengah memiliki pejabat baru. Adalah Supardjiyanto, S.H. dan H. Nursani, S.H. keduanya secara resmi telah dikukuhkan sebagai Panitera dan Sekretaris PTA Semarang. sebelumnya jabatan Panitera sempat kosong setelah ditinggalkan bapak Rachmadi Suhamka, S.H. karena purna tugas, dan jabatan sekretaris pun belum terisi sejak berlakunya PERMA No. 7 tahun 2015 tentang pemisahan Kepaniteraan dan Kesekretariatan.

Supardjiyanto sempat menapaki karirnya di PTA Semarang pada 1995 sebagai kasubag Umum, kasubag Kepegawaian, Wakil Sekretaris pada 2002 dan Panitera Pengganti hingg 2004. Sebelum kembali disini beliau adalah Panitera PTA bandung selama kurang lebih 7 bulan sejak Januari lalu. Pria kelahiran Magelang 03 April 1955 ini sekarang bertempat tinggal di Kendal dan pada 2017 akan memasuki purna bakti. Sedangkan Nursani adalah pria kelahiran Malang 10 Juni 1966. Beliau pernah menjabat sebagai Wakil Sekretaris PTA Jakarta dan sempat berkarir di Biro Perencanaan BUA MA RI, dan sebelum promosi ke Jawa tengah beliau menjabat sebagai Kabag Umum dan Keuangan di PTA Surabaya. Beliau memiliki kediaman keluarga di Jakarta.

  

Gelaran acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan keduanya berlangsung di Hotel Oak Tree Semarang. Segenap Hakim Tnggi dan pegawai PTA Semarang, seluruh Ketua, Pnaitera dan Sekretrais PA se Jawa Tengah hadir menyaksikan. Turut hadir pula 4 (empat) pimpinan di lingkungan peradilan se Jawa Tengah mulai dari PT Jawa Tengah, PTUN Semarang dan Dilmil II-10 Semarang, tak lupa rombongan dari PTA Bandung dan PTA Surabaya.

Sekira pukul 9.30 acara dibuka dengan lantunan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan doa oleh bapak Drs. H. Nurmatias, S.H. dan pembacaan Surat Keputusan. Selanjutnya masuk pada acara inti dipimpin oleh KPTA Semarang bapak Drs. H. Mansur Nasir, S.H., M.H. Prosesi pengucapan sumpah jabatan, penandatangan berita acara sumpah, pelantikan, hingga pengucapan dan penandatanganan pakta integritas berjalan dengan lancar dan khidmat.

Selain pelantikan, gelaran kali ini juga sekaligus menjadi momen dalam pencapaian prestasi peradilan agama Jawa Tengah. Bapak KPTA Semarang juga menyerahkan sertifikat ISO 9001-2015 dari Konsultan kepada Ketua Pengadilan Agama Jepara dan Pengadilan Agama Kudus. Selepas skors, acara dilanjutkan dengan pelepasan hakim tinggi, Panitera, Wakil Panitera, Kabag Umum Dan Keuangan, serta pegawai PTA semarang. Bapak Rachmadi Suhamka, S.H. berkenan mewakili memberikan kata pamitan dan dilanjutkan dengan penyerahan cindera mata secara simbolis.

  

Setelahnya, pejabat yang baru dilantik mendapat kesempatan untuk menyampaikan kata perkenalan. Bapak Suparjiyanto didampingi isteri mengawali, dan memohon bimbingan serta petunjuk dari Bapak KPTA Semarang, Waka PTA Semarang, Hakim Tinggi dan segenap keluarga besar PTA Semarang dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang akan diemban. Beliau pun berharap mudah-mudahan antara Kepaniteraan dan Kesekretariatan bisa maju bersama-sama, seiring sejalan, tanpa ada titik singgung. Sedangkan dalam perkenalannya, Nursani menyampaikan rasa terima kasihnya dan berkomitmen untuk berusaha bekerja lebih baik.

Dalam sambutan KPTA Semarang mengucapkan selamat dan sukses kepada Supardjiyanto dan Nursani mudah-mudahan dapat menjalankan amanah dan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab.Untuk pejabat yang dilepas beliau menyampaikan selamat mengabdi di tempat yang baru.

Acara pun ditutup dengan pemberian ucapan selamat kepada pejabat yang baru dilantik oleh seluruh undangan yang hadir, semoga Allah SWT selalu meridhoi dan memberkati usaha yang kita lakukan untuk membawa perubahan peradilan agama se Jawa Tengah ke arah yang lebih baik. Amiinn.