Sejarah

Pengadilan Agama Sragen sebagai Lembaga Peradilan Agama Secara formal baru terbentuk pada tahun 1892 dengan pimpinannya yang pertama bernama R. Hasan Zaenal Musthofa.

Sebelum itu pernah dikenal semenjak tahun 1870 di Sragen, Badan Peradilan Agama yang bernaung di bawah Kesultanan Kasunanan Surakarta yang susunan serta jalannya peradilan di atur dan ditentukan oleh Sultan Kasunanan Surakarta yang bertindak selaku waliyul 'amri yang melimpahkan Tauliyah atau wewenang kepada seorang Ulama sebagai Imam (Hakim) untuk di daerah Sragen.

Pada periode ini sudah barang tentu Badan Peradilan Agama yang diatur oleh Sultan Kasunanan Surakarta terbatas kekuasaannya, hanya dalam daerah Surakarta saja. Diluar daerah Surakarta sudah barang tentu ada Badan Peradilan Agama lain yang berbeda dengan Badan Peradilan Agama di bawah Kasunanan Surakarta tersebut.

Sebelum tahun 1870 pernah juga dikenal di daerah Sragen bentuk peradilan yang sangat sederhana yang umumnya disebut "TAHKIM" yaitu masa permulaan Islam memasuki  daerah Sragen.